banner 468x60

Siswa Ini Penemu Khasiat Tersembunyi Kulit Kacang

449 views
iklan

SMA_Cita HatiPenakita | SURABAYA – Satu lagi prestasi yang ditorehkan oleh pelajar Surabaya. Kali ini, Mariska Grace, siswa kelas XI B asal SMA Cita Hati Surabaya, berhasil mengharumkan nama bangsa di ajang bergengsi, International Conference of Young Scientist (ICYS), pada pertengahan April 2013 lalu di Bali.

Bersama rekan satu sekolahnya bernama Shintya Tanggara, Mariska menemukan khasiat tersembunyi dari kulit kacang tanah. Setelah beberapa bulan melakukan penelitian dan riset mendalam, kedua menemukan fakta bahwa kulit kacang tanah dapat mengurangi kadar tembaga dalam air, terutama yang telah tercemar.

“Ini memang penemuan yang tergolong sederhana, tapi saya harap dengan penemuan ini manfaatnya besar. Bisa diaplikasikan atau dimanfaatkan oleh masyarakat luas,” tutur Mariska kepada PENAKITA.com, Jumat (26/4/2013).

Dari penemuan sederhana ini, Mariska dan Shintya berhasil mengalahkan ratusan lawannya dari 23 negara, dengan total 132 proyek penelitian sains serupa. Keduanya meraih medali emas untuk kategori enviromental scientist.

“Musuh terberat itu dari Polandia. Karena jujur, kami merasa mereka sangat hebat. Mereka mengirimkan 12 proyek penelitian sains, yang menurut kami luar biasa. Mereka didukung peralatan yang canggih, meneliti tentang DNA, anatomi, dan lain sebagainya,” tukas Mariska.

Remaja kelahiran Surabaya, 13 Desember 1996 ini menambahkan, bersama Shintya, ia akan mengembangkan penelitian mengenai kulit kacang tanah ini lebih jauh. Jika selama ini ia dan Shintya hanya menggunakan media air limbah industri atau air sungai sebagai pembuktian khasiat kulit kacang, ke depan pihaknya juga meneliti air mineral yang sering dikonsumsi masyarakat.

“Kalau air mineral selama ini kan belum tahu apa sudah bersih dari kandungan tembaga apa belum. Karena kandungan tembaga ini sangat berbahaya. Bisa menimbulkan gangguan pada ginjal, hati, kulit, hingga berujung pada kematian,”tandasnya.ika

author