banner 468x60

“Siswa Kurang Mampu Juga Berhak Menikmati APBD!”

435 views
iklan

mitra warga-DPRD sby11Penakita | SURABAYA – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya diminta bijak dalam menerapkan peraturan, khususnya terkait siswa dari keluarga tidak mampu. DPRD Surabaya berharap Dindik Surabaya bisa segera mencari jalan keluar agar siswa kurang mampu disekitar sekolah bisa diterima tanpa kuota.

“Seharusnya warga miskin di sekitar lokasi sekolah negeri mendapat prioritas jalur mitra warga. Pasalnya, jika terjadi sesuatu di sekolah tersebut maka warga yang ada di sekitarnya yang akan bergerak dahulu mengatasinya,” tandas Sachiroel Alim Anwar, anggota DPRD Surabaya, Kamis (27/6/2013).

Di samping itu, mereka juga berhak menikmati APBD yang disediakan untuk sekolah negeri. “Kalau siswa kurang mampu tidak bisa sekolah di negeri sama artinya APBD itu dinikmati siswa mampu saja. Ini jelas tidak adil,” cetus Alim Anwar.

Ditambahkan Alim Anwar, jika butuh anggaran tambahan DPRD siap mendorong penyediaanya. “Yang penting harus ada solusi atas masalah ini,” sergahnya.

Sebagaimana diberitakan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Surabaya jalur mitra warga menuai protes dari para wali murid. Mereka pun menuntut keadilan ke wakil mereka di DPRD Kota Surabaya, Kamis (27/6/2013), karena anak mereka tidak tertampung melalui jalur mitra warga di SMP Negeri.

Mereka menyesalkan lantaran kesempatan anak-anak mereka menempuh pendidikan di sekolah negeri justru dialihkan ke siswa dari daerah lain. “Keputusan ranking siswa yang diterima di sekolah negeri merugikan kami. Padahal tahun lalu siswa miskin bisa diterima di sekolah negeri sekitar rumahnya,” cetus Arif Budioni, Wakil Ketua RW IV kelurahan Kapasan Kecamatan Simokerto. ari

author