banner 468x60

Siswa SMA Dikenalkan Industri Migas

419 views
iklan

Penakita | SIDOARJO – Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas Jawa Bali Madura dan Nusa Tenggara (Jabamanusa) bergerilya ke sejumlah SMA di Sidoarjo untuk memberi wawasan kepada siswa mengenal bidang industri migas. Langkah yang dilakukan SKK Migas bersama Lapindo Brantas Inc ini semata untuk memberi ilmu baru kepada siswa.

Pasalnya, selama ini siswa SMA belum mendapat materi terkait migas. “Tujuan kami hanya memberi wawasan baru kepada siswa. Kami juga berharap kepada siswa agar bisa menekuni ilmu industri migas,” kata Priandono Hernanto, Humas SKK Migas Jabamanusa, Rabu (6/2/2013).

Materi yang diberikan kepada siswa terkait proses industri migas dari hulu sampai hilir. Siswa diberi tahu mulai mendeteksi pencarian sumber migas sampai eksplorasi sumur hingga pemanfaatan migas.

“Di wilayah SKK Migas Jabamanusa ada 41 Kontrak Kontraktror Kerja Sama (K3S). Tapi yang produksi 13 KKS. Salah satunya Lapindo Brantas Inc yang beroperasi di wilayah Sidoarjo,” katanya.

Diakui Priandono, yang menjadi sasaran pemberian materi industri migas tidak hanya siswa SMA. Namun mahasiswa di beberapa wilayah seperti Tuban, Bojonegoro, Sidoarjo dan Madura akan diberi kuliah umum.

Industri usaha migas yang berkembang di Indonesia pada awalnya tenaga yang dipakai banyak dari luar negeri. Tetapi sekarang sudah banyak tenaga ahli dari orang Indonesia sendiri yang mengendalikan usaha migas. “Semoga adik-adik yang kami beri wawasan tertarik dan bisa melanjutkan di bidang studi migas,” harap Priandono.

author