banner 468x60

SMK RSBI Dapat Perhatian Khusus

512 views
iklan

SURABAYA – Dinas Pendidikan Jawa Timur Kamis (31/1/2013) mempertemukan seluruh SMK eks RSBI di kabupaten dan kota. Pertemuan itu membahas secara khusus nasib para SMK RSBI yang kini dibubarkan.

Ini penting karena pendidikan SMK harus mendapat perhatian khusus. Tidak saja karena pendidikan ini yang menuntut berbasis tenaga terampil dan terdidik, namun dijalankan pula kurikulum pengembangan pendidikan vokasional (terapan) di sekolah jenjang ini. Untuk pembubaran RSBI perlu penyikapan khusus.

“Hari ini, perwakilan Dinas Pendidikan daerah, kepala SMK, kami, dan Pak Dirjen Pendidikan Menengah akan duduk dalam satu forum,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Jarim Harun, Kamis (31/1/2013)

Ditambahkan, mereka akan melakukan konsolidasi. Forum tersebut juga akan menjadi momentum untuk mengusung usulan dari semua SMK eks RSBI dari 38 kota dan kabupaten. Dan akan dibahas tindak kanjut konkrit pascadibubarkannya status seluruh sekolah RSBI SMK.

Harun menyatakan bahwa SMK tidak saja dituntut penguasaan materi atau teori. Lebih dari itu, mereka juga harus menguasai praktik dan implementasi langsung dari materi. Harus menjadi tenaga terampil di bidangnya.

author