banner 468x60

Soal UN SD/ MI Mulai Dikirim ke Daerah Terpencil

392 views
iklan

soal-unasPenakita | SURABAYA – Distribusi naskah Ujian Nasional (UN) di jenjang SD/MI/SDLB di Jawa Timur, mulai dilakukan, Kamis (25/4/2013). Naskah yang dikirim tersebut, merupakan naskah soal untuk sembilan kecamatan di kepulauan terpencil di Kabupaten Sumenep. Pengiriman mulai dilakukan dari percetakan di PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk di Jl Lingkar Timur Sidoarjo ke Sumenep.

“Kami kirim untuk naskah di wilayah terpencil dulu,” kata Kepala Dindik Jawa Timur, Dr Harun M Si MM, kepada PENAKITA.com, Kamis (25/4/2013).

Menurut Harun, pengiriman ke wilayah terpencil ini sengaja dilakukan terlebih dahulu karena bergantung pada jadwal pengiriman kapal. Ada 87 boks naskah yang dikirim hari ini. Sementara pengiriman berikutnya dilanjutkan ke Pulau Bawean pada 27 Mei 2013 mendatang.

“Yang untuk Sumenep ini butuh waktu satu hari satu malam untuk pengirimannya,” beber Harun.

Distribusi daerah lewat darat akan dimulai Kamis (2/5) untuk 22 kabupaten, diantaranya Kabupaten Pacitan, Ponorogo, Tuban, Banyuwangi, Sumenep, Jember, Situbondo, Pamekasan, Trenggalek, Tulungagung, dan lain-lain. Sedangkan pada Jumat (3/5) dikirim untuk 16 kabupaten/kota, diantaranya Kabupaten Sidoarjo, Jombang, Mojokerto, Gresik, Surabaya, Batu, Malang, Probolinggo, Bojonegoro, Madiun dan Pasuruan.

Khusus untuk naskah UN SD/MI/SDLB ini jumlah soal hanya satu paket. Sedangkan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) dicetak tersendiri, tidak jadi satu dengan paket soal. Jawaban siswa cukup dengan cara disilang. Pemindaian LJUN dilakukan di kabupaten/kota, sementara skoring akan dilakukan di propinsi. Sementara penerbitan DKHUN, SKHUN dan blangko ijazah SD dan SDLB di provinsi. Pengumuman kelulusan dilakukan 8 Juni 2013.

“Untuk pengawasan, nanti dilakukan secara silang untuk se-kecamatan,” tambah Kabid TK, SD dan Pendidikan Khusus Dispendik Jawa Timur, Nuryanto.

Nuryanto menambahkan, untuk kelulusan siswa SD, bergantung dari sekolahnya. Yang jelas, kelulusan SD lebih mudah dibandingkan yang di jenjang SMP dan SMA. Biasanya, untuk siswa SD ketidaklulusan itu karena siswa tersebut sakit yang terlalu lama atau pindah tanpa ada kabar.ika

author