banner 468x60

Software Mahasiswa Untag Ini Bisa Bantu Pengamanan Parkir

486 views
iklan
Harry Budianto

Harry Budianto

Penakita | SURABAYA – License Plate Detection (LPD), begitulah software canggih buatan Harry Budianto, mahasiswa jurusan Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag) ini. LPD berfungsi sebagai pendeteksi plat nomor kendaraan, khususnya plat nomor sepeda motor.

Software karya Harry ini bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan sekuriti parkir mendata dan mengamankan sepeda motor, yang masuk dan parkir di lokasi tersebut. Jika hendak diaplikasikan, cukup bermodalkan kamera video dan satu PC komputer saja.

“Kamera video yang dipasang, akan merekam data plat nomor kendaraan yang masuk, secara otomatis, tanpa memerlukan kertas parkir. Data plat tersebut tersimpan di PC komputer. Ketika kendaraan keluar, LPD akan mendeteksi plat nomornya secara otomatis juga. Kalau cocok palang pintu parkir bisa terbuka sendiri,” ujar mahasiswa kelahiran Surabaya, 6 November 1991 ini kepada PENAKITA.com, Senin (4/3/2013).

Harry mengklaim, bahwa software ciptaannya ini memiliki kecepatan dan ketepatan mendeteksi yang lebih baik dibandingkan software serupa, yang banyak diaplikasikan di parkiran banyak mall selama ini. Bahkan, jika dikembangkan lebih lanjut, selain bisa mendeteksi plat nomor, LPD bisa mendeteksi wajah pengendaranya.

“Jadi ke depan, LPD ini bisa berguna untuk mengantisipasi oknum tertentu mengganti plat nomor kendaraan orang lain di area parkir. Jadi sepeda motor tersebut tidak bisa dicuri. Selain itu, LPD ini hemat kertas atau paperless tanpa kertas parkir, dan tanpa perlu ada operator yang menjalankannya,” pungkas Harry. ika

author