banner 468x60

Tak Ada Naskah Soal, Ujian Kejar Paket Ditunda 3 Jam

386 views
iklan

ujian kejar paketPenakita | SURABAYA – Gara-gara paket soal Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) untuk ujian pertama tidak tersedia, maka pelaksanaan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) kejar paket B di Ruang 19 dan 20 SMA Negeri 2 Surabaya, Senin (1/7/2013) terpaksa ditunda. Akibatnya, 34 peserta gagal formal yang sebelumnya tidak lulus ujian nasional (UN) yang berada di ruang tersebut menanti dengan gelisah.

Dan setelah menunggu hampir tiga jam, proses UNPK yang seharusnya dilakukan pukul 13.30 akhirnya bisa dimulai. Tetapi, naskah soal dan lembar jawaban komputer (LJK) untuk 34 peserta ini berbeda dengan peserta lain. Karena mereka harus ujian dengan soal dan LJK fotokopian.

“Fotokopi soal itu langkah terakhir setelah kami berusaha mencari cadangan soal di beberapa ruang,” tutur Hairul Fatah, Kasi Pendidikan Luar Biasa Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya.

Ditambahkan pula, pihaknya juga sempat menanyakan ke percetakan (PT Jasuindo), ternyata di sana masih ada 10 paket soal. “Akhirnya kami ambil dan sisanya kami fotokopi,” ungkap Fatah, Senin (1/7/2013).

Anehnya, menurut Fatah, ketidaktersediaan naskah soal dan LJK bagi 34 peserta UNPK itu karena mereka tidak termasuk dalam daftar peserta. Padahal, data diri 34 siswa itu tercatat dalam daftar nominasi tetap (DNT) peserta kejar paket gelombag dua.

Dan sesuai ketentuan, jika peserta sudah tercatat di DNT maka secara otomatis sah mengikuti ujian. “Karena itu kami mencari alternatif solusi apapun agar mereka bisa mengikuti ujian dulu,” tegasnya. ari

author