banner 468x60

Tak Berponsel, Pelajar Ini Temukan Aplikasi Penting

426 views
iklan
Catherine Wong

Catherine Wong

Penakita | CHINA – Seorang pelajar 17 tahun asal China berhasil menemukan sebuah aplikasi yang dapat memonitor kesehatan jantung. Hebatnya, aplikasi yang berjalan di perangkat Android ini ditemukannya, meski ia sendiri tak memiliki ponsel pintar.

Tak memiliki ponsel pintar, tak membuat Catherine Wong berkecil hati. Dengan kemampuan dan pengetahuannya, ia bahkan berhasil menciptakan sebuah perangkat lunak yang mungkin sampai sekarang belum ditemukan anak seusianya, meski memiliki ponsel pintar sendiri.

“Saya tidak pernah memiliki smartphone dan saya masih tidak memiliki smartphone untuk diriku sendiri,” kata Wong. Ia menambahkan, selama ini alat komunikasinya adalah Blackberry namun tanpa paket Internet.

Dikutip dari Mashable, di sekolah Wong tergolong salah satu siswa yang cerdas dengan skor sempurna. Dalam temuannya, ia berhasil membuat sebuah perangkat elektrokardiogram (EKG) sederhana atau alat perekam aktivitas jantung yang kompatibel dengan ponsel.

Perangkat yang diciptakan Wong menggunakan koneksi Bluetooth yang diletakkan di sebuah alat yang ditempel di bagian jantung. Alat ini kemudian dihubungkan dengan smartphone sebagai server pendeteksi aktivitas jantung. Data yang terekam akan dikirim secara real-time ke layar ponsel.

“Ini akan mengirim melalui telepon nirkabel, dan itu akan menampilkan secara real time. Tujuannya untuk membuat sebuah EKG, tetapi pada ponsel,” papar Wong.

Perangkat ini juga dapat digunakan dengan dukungan internet. Metode ini diharapkan dapat menjadi metode jarak jauh yang memungkinkan dokter mendiagnosis pasien meski jarak mereka berjauhan. Temuan ini membawa Wong sebagai jawara di ajang Google Science Fair tahun 2012 lalu.

“Saya ingin fokus pada pengembangan daerah. Saya pikir cara untuk mencapai orang-orang adalah dengan menggunakan teknologi yang begitu luas dan mudah diterima serta diadopsi,” ujarnya. adi

author