banner 468x60

Tips Cegah Anak Merokok

386 views
iklan
Ilustrasi

Ilustrasi

Penakita | SURABAYA – Seperti berbicara kotor, merokok adalah kendala dalam proses mendidik anak saat mereka menginjak usia remaja. Banyak orangtua merasa berhasil menghentikan kebiasaan ini dengan cara memarahi. Meski dalam hal ini, kebiasaan merokok masih sering dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Banyak cara untuk mencegah kebiasaan buruk ini terjadi pada anak-anak Anda. Memarahi mereka? Tentu hal ini bukan solusi yang tepat. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini.

Konsultasi. Membangun komunikasi yang baik dengan anak adalah cara terbaik dalam menyelesaikan setiap permasalahan. Dalam hal menghentikan kebiasaan merokok, cara ini lebih efektif ketimbang memarahi mereka. Dengan berbicara baik-baik, membuat anak akan berpikir ulang untuk melakukan kebiasaan ini, bahkan dengan sembunyi-sembunyi sekalipun.

Menakut-takuti. Dikutip dari halaman Parenting, menakut-nakuti anak pada dasarnya bukan sesuatu yang baik untuk proses pendidikan. Namun untuk hal buruk seperti menghentikan kebiasana merokok, memberi penjelasan dampak buruknya (Menakut-nakuti) kepada anak akan membuat mereka berpikir ulang merokok.

Perhatikan lingkungan sekitar. Sebaik-baik apapun usaha yang Anda lakukan sering berdampak sia-sia. Jika mengalami hal ini, ada baiknya Anda mulai memperhatikan lingkungan tempat bergaul (teman-teman) anak Anda. Bisa jadi mereka yang membuat rokok akrab dengan anak Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa mengikutkan anak ke klub olahraga, demi menyalurkan energi lebih positif.

Kerjasama dengan Sekolah. Perhatian orangtua sering lolos saat anak mulai bersekolah. Dalam hal ini, jangan ragu untuk bekerjasama dengan pihak sekolah demi proses pendidikan anak yang lebih baik. Dengan hal ini, kesempatan anak terbiasa dengan rokok akan mulai terbatasi. adi

author