banner 468x60

Tips Jika Naskah Soal UN Rusak

410 views
iklan
Ilustrasi

Ilustrasi

Penakita | SURABAYA –┬áKementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akhirnya mengeluarkan petunjuk jika terjadi kekurangan dan kerusakan naskah dan lembar jawaban ujian nasional (LJUN). Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Harun, begitu mengetahui naskah dan lembar jawaban kurang atau rusak, panitia unas sekolah pertama-tama harus mengambil satu set naskah cadangan di masing-masing ruang ujian.

Jika masih kurang, panitia diminta mengambil kelebihan naskah dan LJUN di sekolah terdekat. Jika masih kurang, maka panitia diperbolehkan fotokopi sesuai jumlah yang diperbolehkan.

Sementara siswanya harus diberikan tambahan waktu sesuai alokasi yang ditentukan. “Itu semua harus ada berita acara dan harus didampingi pengawas dan kepolisian,” begitu tegas Harun.

Bagaimana jika di satu daerah tidak ada fotokopi? Menurut Harun, siswa yang bersangkutan akan diikutkan di ujian susulan.

Namun jika yang rusak hanya LJUN-nya, siswa tetap diminta menjawab di naskah soal. Selanjutnya pengawas perguruan tinggi yang akan memindah jawaban itu ke LJUN. ari

author