banner 468x60

Tips Saat Anak Suka Bicara Kotor

412 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Berbicara bisa jadi proses kemajuan belajar anak paling dinanti orangtua. Sayangnya, hal ini tak selalu berjalan sesuai keinginan. Pengaruh lingkungan sekitar kadang sering membuat anak belajar berbagai kata, termasuk kata-kata kotor.

Banyak di antara orangtua yang langsung merespons ketika anak mulai berbicara kotor. Hukuman fisik dan ungkapan verbal sering menjadi metode paling sering digunakan sebagai hukuman bagi anak yang melakukan hal tersebut.

Beberapa orangtua mungkin berhasil dengan cara tersebut. Tapi tak sedikit pula orangtua yang gagal dengan metode mendidik seperti itu.

Dikutip dari Parenting berikut tips dari ala Anna S Ariani MPsi:
Jangan hiraukan. Setiap kali anak mengucapkan kata kotor, Anda bisa pura-pura tidak dengar. Kadang anak suka mencari perhatian dengan berbagai hal. Dengan memarahi atau menasihatinya secara langsung, tak menutup kemungkinan anak terus mengulang perilaku buruknya ini.

Jika tidak diperhatikan, maka anak cenderung meninggalkan kebiasaan ini. Sebaliknya, beri perhatian maksimal ketika anak berkata baik. Hal ini akan membuat anak suka berbicara baik ketimbang kotor.

Alihkan pembicaraan. Beberapa kosakata yang buruk bisa Anda alihkan demi pendidikan anak yang lebih baik. Seperti, saat anak berkata pantat, Anda dapat mengalihkannya ke pantai dan sebagainya.

Jangan mudah emosi. Kegagalan sering muncul karena sikap orangrtua yang gampang emosi. Menasihati anak dan mengulang secara terus menerus perkataan yang seharusnya tidak dikatakan, akan membuat anak kian hafal dengan apa yang seharusnya dilarang mereka katakan.

Batasi pergaulan. Meski telah diberi contoh kata-kata yang baik, kadang Anak sering belajar banyak dari lingkungan. Dalam hal ini dari teman-teman sepermainan mereka. Batasi dan segera ambil tindakan jika si kecil berbain dengan anak yang lebih dewasa dengan kebiasaan berkata kotor. Atau cara singkatnya, ajarkan anak berkata-kata baik, ketimbang harus melarang mereka berkata-kata buruk. adi

author