banner 468x60

Tomat Ternyata Beragam Jenis dan Manfaatnya

467 views
iklan

tomatPenakita | SURABAYA – Tomat, si merah yang kaya mineral dan vitamin ternyata memiliki beberapa jenis. Jika Anda mengenali beberapa diantaranya, bisa jadi konsumsi buah ini akan lebih mudah diterima anak untuk mendapat segudang manfaat di dalamnya.

Dalam 100 gram tomat terkandung 18 kilo kalori dan 0,8 gram protein. Setidaknya saat ini ada sekitar 5 jenis tomat yang dapat kita jumpai di supermarket. Dikutp dari parenting, berikut jenis-jenis dan karakteristiknya.

Tomat plum : seperti namanya, jenis ini memiliki bentuk seperti buah plum, yakni bulat dan lonjong. Jenis ini umumnya memiliki kandungan air yang cukup banyak, dengan karakter kulit yang tipis. Jenis tomat ini umumnya sangat cocok untuk diolah menjadi berbagai jenis masakan sedap dan menyehatkan.

Tomat beefsteak : seperti daging sapi, tomat ini memiliki karakter daging yang lebih tebal. Dibanding harus mengolahnya dengan memasak, jenis tomat ini umumnya lebih nikmat dimakan mentah. Untuk dijadikan sandwich, burger atau dimakan mentah-mentah.

Tomat ceri : karakter tomat ini memiliki ukuran yang kecil seperti ceri. Tak cuma bentuknya, rasanya juga sangat manis dan mengandung cukup banyak air. Tomat ini biasanya sangat nikmat digunakan sebagai bahan pelengkap salad atau hiasan makanan yang menyehatkan.

Tomat hijau :  tomat ini biasanya diambil atau dipanen saat mentah, dan belum berwarna merah. Seperti buah yang belum masak pada umumnya, jenis tomat ini umumnya bertekstur keras dengan kandungan air yang masih sedikit. Rasanya asam dan umumnya jenis ini tak bisa dikonsumsi, kecuali digunakan untuk olahan masakan seperti tumisan dan sambal.

Tomat pir : jenis ini memiliki bentuk seperti buah pir, namun umumnya berukuran lebih kecil. Tomat jenis ini muncul dalam berbagai varietas warna. Seperti merah, orange, dan kuning. Rasanya yang manis seperti tomat lain pada umumnya, buah ini sangat cocok menjadi bekal salad anak yang menyehatkan.  adi

author