banner 468x60

UII Buka Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

436 views
iklan

UII-YkPenakita | YOGYAKARTA – Izin Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemendikbud) untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris S-1 Universitas Islam Indonesia (UII) akhirnya turun. Sebetulnya, sejak setahun lalu UII telah menyiapkan sarana dan prasarana program studi tersebut lengkap dari dosen, laboratorium, plus gedung perkuliahan.

“Sehingga izin itu merupakan jawaban atas keseriusan UII dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia pada tingkat sarjana di bidang pendidikan bahasa Inggris,” kata Nizamuddin Sadiq, pejabat sementara Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UII.

Ditambahkan pula, dengan izin Ditjen Dikti Kemendikbud itu, kini Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UII telah memenuhi standar dan sah untuk menyelenggarakan pendidikan strata satu perguruan tinggi. Dan guna mengantisipasi persaingan antar-Program Studi Bahasa Inggris yang cukup ketat, UII telah melakukan upaya sistematis dan kontinyu.

“Salah satu program unggulan yang ditawarkan adalah kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ke Australia,” ujarnya.

Dengan praktik itu, menurut NIzamuddin, mahasiswa tidak hanya memperoleh pengalaman langsung belajar bahasa Inggris, tetapi juga mampu menjadi duta bangsa khususnya dalam mempromosikan kebudayaan Indonesia. Keunggulan lain yang ditawarkan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris S-1 adalah laboratorium bahasa Inggris yang didesain secara unik menggunakan model klaster. Model ini memungkinkan mahasiswa bekerja secara individu maupun kelompok.

Selain itu, model pembelajaran melalui laboratorium tersebut juga berbasis virtual environment yang memungkinkan setiap mahasiswa berinteraksi langsung dengan dosen dan mahasiswa di luar negeri. Model laboratorium seperti itu di Indonesia baru tiga perguruan tinggi yang memilikinya, UII satu di antaranya.

“Ini akan menjadi media efektif untuk memaksimalkan pembelajaran bahasa Inggris di UII,” tandasnya. dde

author