banner 468x60

Ujian Nasional SD Diikuti 649.204 Siswa di 25.710 Sekolah

424 views
iklan
Kabid Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Jatim, Nasor

Kabid Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Jatim, Nasor

Penakita | SURABAYA – Kabid Pendidikan Non Formal dan Informal Dindik Jatim, Nasor mengatakan bahwa seluruh data Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) telah final. Sehingga tidak akan ada lagi penambahan data susulan dari daerah.

“Daftar pesertanya sudah kami tanda tangani dan telah disebarkan ke daerah masing-masing. Jadi data peserta UNPK tidak ada masalah dan telah ditutup,” ungkap Nasor kepada PENAKITA.com, Minggu (17/3/2013).

Seluruh data UNPK yang diajukan ke pusat, menurut Nasor akan ditetapkan sebagai DNT setelah adanya MoU (Memorandum of Understanding) antara pusat dengan panitia di wilayah.

Di sisi lain, Kabid TK, SD dan Pendidikan Khusus Dindik Jatim, Nuryanto menuturkan, hingga saat ini jumlah peserta UN 2013 tingkat SD/MI telah mencapai 649.204 siswa. Dengan jumlah sekolah penyelenggaran UN mencapai 25.710 sekolah. Sementara untuk jenjang SDLB mencapai 283 siswa, SMPLB 241 siswa dan SMALB sebanyak 170 siswa.

“Data ini masih sementara dan masih dapat bertambah sampai dilakukan finalisasi oleh Kemendikbud,” tutur Nuryanto.

Berbeda dengan UN formal, Nuryanto mengungkapkan penentuan kelulusan siswa SDLB tidak menggunakan rata-rata nilai. Melainkan kelulusan ditentukan oleh sekolah dengan indikator nilai UN, nilai mata pelajaran, nilai kepribadian dan akhlak.

“Untuk menentukan kelulusan siswa SDLB itu pihak sekolah akan melakukan rapat penentuan kelulusan. Di situ siswa bisa dinyatakan lulus atau tidak sesuai keputusan sekolah dengan indikator yang telah ditentukan,” ungkap Nuryanto. ika

author