banner 468x60

Unair Beri Kesempatan Mahasiswa Kuliah Gratis. Ini Kriterianya!

583 views
iklan

unair sarjanaPenakita | SURABAYA – Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Universitas Airlangga (Unair) dibagi dalam enam kelompok berdasar pada besaran biaya yang harus dibayar mahasiswa. Namun, pengelompokan itu ditetapkan dengan patokan kondisi keuangan keluarga mahasiswa yang bersangkutan.

Besaran biaya yang harus dibayar mahasiswa bervariasi. Paling rendah, di Kelompok I, rentang Sumbangan Operasional Pendidikan (SOP) yang dibayarkan mahasiswa hanya Rp 0 hingga Rp 500 ribu.

“Artinya mahasiswa dari Kelompok I bisa kuliah secara gratis,” tegas Dr M Nasih MT Ak, Wakil Rektor II Unair.

Ditambahkan pula, mahasiswa yang berasal dari keluarga berkecukupan masuk kelompok II hingga IV, sedangkan yang lebih mampu akan masuk ke kelompok V atau VI. Besaran biaya SOP untuk kelompok II hingga VI juga bervariasi, tergantung dari kebutuhan program studi.

Program studi yang memiliki kebutuhan lebih banyak tentu saja menetapkan biaya lebih tinggi, misalnya Pendidikan Kedokteran. Sedangkan program studi yang membutuhkan biaya lebih sedikit juga diusahakan menetapkan biaya kuliah yang serendah-rendahnya.

“Pengelompokan ini didasarkan pada penghasilan orang tua, dengan yang paling besar di kelompok V dan VI. Tapi bukan hanya penghasilan saja yang menjadi pertimbangan, ada variabel lain yang perlu di-cross check. Misalnya jenis pekerjaan orangtua, berapa tagihan listrik tiap bulan, berapa jumlah kendaraan bermotor yang dimiliki, dan lain-lain,” papar Nasih.

Unair secepatnya akan mengumumkan kriteria penghasilan orangtua tersebut agar bisa jadi panduan semua pihak. “Namun yang jelas kami tidak akan membebani mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Untuk mahasiswa yang masuk kelompok VI adalah mahasiswa yang orangtuanya berpenghasilan di atas Rp 20 juta per-bulan,” imbuh Bagus Ani Putra, Humas Unair,  ari

author