banner 468x60

Universitas Muhammadiyah Tangkap Joki, 22 Pelakunya Perempuan

441 views
iklan

jokiPenakita | MALANG – Universitas Muhammadiyah Malang (UNM) berhasil membongkar praktik perjokian yang dilakukan saat tes masuk Fakultas Kedokteran di perguruan tinggi tersebut, Senin (13/5/2013). Sebanyak 27 mahasiswa yang diduga sebagai joki sistem penerimaan mahasiswa baru (SPMB) itu pun langsung diamankan di ruang UMM Press dan Lembaga Pengkajian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (LP3A).

Dalam modusnya, pelaku yang terdiri dari 22 orang perempuan dan sembilan laki-laki itu menggunakan alat komunikasi yang telah dimodifikasi. Alat itu antara lain berupa sebuah ponsel yang sengaja dibuat tipis dan disembunyikan di ikat pinggang.

Juga ada alat bicara wireless dipasang di antara lingkaran jam tangan. Ada pula alat komunikasi yang dibuat sangat mirip penghapus. Dalam praktiknya, pelaku tinggal menempelkan penghapus itu ke telinga.

Dari pemeriksaan sementara, para pelaku bukan saja Mahasiswa UMM, namun beberapa diketahui dari kampus lain. “Dua diantaranya mengaku mahasiswa ITS. Sedang satu orang lainnya mengaku alumni Universitas Islam Malang. Namun, kebenarannya masih perlu dicek lagi,” tegas Fauzan, Pembantu Rektor II UMM sambil menambahka, pihaknya masih menelusuri jumlah pasti joki dan calon mahasiswa yang menjadi ‘konsumen’ mereka.  sum

author