banner 468x60

Waspadai SMS yang Ngaku Pejabat Rektorat Unair

431 views
iklan

unair_kecilPenakita | SURABAYA – Penipu ternyata tak hanya menyasar siswa yang resah menanti pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Terbukti mereka juga mengincar para mahasiswa Universitas Airlangga.

Modus yang digunakan adalah mengirim SMS ke mahasiswa sebagai targetnya dengan mengatasnamakan Wakil Rektor III. Lewat SMS itu diberitahukan, bahwa mereka ditunjuk mewakili Unair mengikuti konferensi atau seminar di Jakarta. Mereka juga akan dipertemukan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan M Nuh.

Untuk meyakinkan sang korban, pelaku lalu lalu meminta mahasiswa ini untuk menghubungi rektor di nomor ponselnya. Berikutnya giliran Rektor unair palsu yang beraksi.

Sang ‘rektor’ meminta korbannya mentransfer sejumlah uang ke nomor rekeningnya. Uang ini adalah pengganti akomodasi sementara selama di Jakarta karena dana dari Unair belum turun. Rektor gadungan ini berjanji mengembalikan uangnya jika dana dari rektorat turun.

Bagus Ani Putra, Kepala Pusat Informasi dan Humas Unair ketika dikonfirmasi mengakui terjadinya kasus penipuan tersebut. Menurut Bagus, setidaknya ada tiga korban yang sudah terlanjur mengirim uang ke ‘rektor’ ini. Dana yang ditransfer bervariasi, ada yang mengirim sebesar Rp 1,5 juta, Rp 900.000, dan ada pula yang sampai Rp 9 juta.

“Penipuan ini baru diketahui setelah mereka (mahasiswa korban penipuan) menanyakan kelanjutan konferensi ke pihak kampus,” tegas Bagus.

Setelah di cek nomor ponsel pelaku yang mengaku sebagai rektor sama persis dengan nomor yang dipakai untuk menghubungi dua pendaftar SNMPTN asal Purwokerti dan Tasikmalaya. “Karena sudah dua kali melakukan penipuan dengan mengatasnamakan Unair, kami meminta provider selulernya untuk memblokir,” ucap Bagus.

Dosen Psikologi Unair ini menambahkan, agar beragam penipuan yang mengatasnamakan sicitas akademika Unair ini tidak berlanjut, pihaknya segera membuat SMS gate way yang bernama Universitas Airlangga. “Jadi nantinya kalau ada SMS selain tertulis Universitas Airlangga harap dicek kebenarannya ke kami,” pungkas Bagus. ari

author