banner 468x60

Yang lolos SNMPTN Belum Tentu Diterima PTN

422 views
iklan

SNMPTN 11Penakita | JAKARTA – Bagi siswa yang namanya dinyatakan lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jangan keburu gembira. Pasalnya, mereka ini belum tentu diterima oleh perguruan tinggi (PTN) yang bersangkutan.

Menurut Ketua SNMPTN, Akhmaloka, pernyataan kelulusan ini baru dinyatakan sah bila pihak PTN sudah melakukan verifikasi atas data siswa yang sudah dinyatakan lolos.

“Kami baru menyebutnya, siswa yang terseleksi. Jadi, belum bisa disebut diterima di PTN karena nanti masih ada hal-hal lain yang perlu diklarifikasi,” ujar Akhmaloka yang juga Rektor ITB.

Menurut Akhmaloka, pihak PTN akan melakukan verifikasi atas nilai rapor dan portofolio siswa tersebut. Bahkan untuk peserta penerima beasiswa Bidik Misi, PTN yang bersangkutan akan melakukan verifikasi data kemampuan ekonomi dan melakukan kunjungan ke tempat tinggal calon mahasiswa.

“Kalau dinyatakan lolos verifikasi, siswa tersebut baru ditetapkan sebagai yang diterima dan bisa mendaftar sebagai mahasiswa baru,” tambahnya.

Selain itu, seorang peserta juga baru bisa dinyatakan benar-benar diterima jika sudah memberikan bukti lulus ujian nasional (UN). “Karena itu, kehadiran peserta yang dinyatakan lolos dalam pengumuman SNMPTN 2013 pada registrasi di masing-masing kampus sangat penting,” tegas Akhmaloka. dde

author