banner 468x60

Yang Tidak Ikut UN Utama Diharap Bisa Ikut UN Susulan

406 views
iklan

un+2012Penakita | SURABAYA – Tidak hanya ujian nasional (UN) jenjang SMP/ MTS/ SMPLB saja yang akan berlangsung pada Senin (22/4) mendatang. Pada hari yang sama, juga dilakukan UN susulan untuk jenjang SMA/ SMK/ MA. Puluhan siswa Surabaya konon bakal mengikuti UN susulan ini.

Pada jenjang  SMA diikuti lima siswa untuk pelajaran bahasa Indonesia, satu Fisika, dua Ekonomi, empat bahasa Inggris, tiga Matematika IPA, satu Matematika IPS, dua Kimia, dua Biologi, dua Sosiologi dan dua Geografi. Sedangkan jenjang SMK diikuti enam siswa untuk pelajaran bahasa Indonesia Teknik, satu bahasa Indonesia Pariwisata, dua bahasa Inggris Teknik, tiga Matematika Teknik dan satu Teori Kejuruan.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya Ikhsan mengatakan siswa yang mengikuti ujian susulan ini, khusus yang menyerahkan izin resmi sakit atau ada masalah keluarga. Sementara untuk yang tidak hadir tanpa keterangan, Ikhsan sudah meminta sekolah untuk menelusuri keberadaannya.

Ikhsan belum bisa memastikan jumlah siswa yang tidak diketahui keberadaannya. Kemungkinan jumlahnya ratusan siswa, sebab pada hari pertama saja tercatat ada 101 siswa yang tidak mengikuti ujian termasuk 12 siswa SMA/SMK yang izin resmi.

“Kalau memang keberadaannya diketahui, saya minta sekolah untuk mengikutkan UN susulan,” kata Ikhsan kepada PENAKITA.com, Jumat (19/4/2013).

UN susulan di Surabaya akan dipusatkan di SMAN 1 Surabaya. Soal UN susulan ini memiliki bobot sama dengan UN sebelumnya. Menurut Ikhsan, soal UN susulan baru akan diambil dari percetakan Sabtu (20/4/2013) ini.

Sementara untuk pengawasan, meski hanya UN susulan akan dikawal ketat petugas keamanan, Dindik Surabaya dan pengawas perguruan tinggi.ika

author