banner 468x60

Yogyakarta Terbanyak Mendaftar SNMPTN

428 views
iklan

Penakita | JAKARTA – Jumlah sekolah yang belum mendaftar ikut seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tahun ini masih sangat banyak. Dari sebanyak 27.630 SMA/SMK dan madrasah aliyah yang beroperasi saat ini, hanya 14.680 sekolah yang siswanya mendaftar ikut seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri.

Sekitar 13.000 sekolah lainnya kemungkinan tidak terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sehingga siswanya tidak bisa mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Namun, jumlah sekolah yang mendaftar SNMPTN ini sudah meningkat dua kali dibanding tahun lalu.

”Tahun lalu hanya 7.701 sekolah yang siswanya ikut SNMPTN,” kata Akhmaloka, Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN.

Akhmaloka menambahkan, pihaknya belum mengevaluasi penyebab banyaknya sekolah yang siswanya tidak ikut SNMPTN. Padahal, SNMPTN kali ini tidak dipungut biaya dan bisa diikuti semua siswa.

Informasi lain yang diperoleh menyebutkan, persentase sekolah terbanyak yang mendaftarkan siswanya ke SNMPTN berasal dari Provinsi Aceh, yakni 716 sekolah dari 794 jumlah total SMA/SMK/MA di Aceh. Adapun untuk wilayah Jawa, Yogyakarta menempati persentase tertinggi, yakni 71,8 persen dengan 283 sekolah yang mendaftar dari 419 total sekolah yang ada. Adapun di DKI, dari 1.154 sekolah yang ada, hanya 565 sekolah yang mendaftar.

Sekretaris SNMPTN 2013 Rohmat Wahab menambahkan, panitia telah melakukan sosialisasi pengisian PDSS secara optimal dengan melibatkan semua PTN di beberapa daerah.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud Ibnu Hamad mengatakan, Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) Kemdikbud mempermudah sekolah untuk mendapatkan NPSN baru dengan mendaftar langsung dari sekolah atau dinas pendidikan setempat dengan melampirkan surat keputusan (SK) operasional atau SK pendirian. Kemdikbud juga sudah meminta dinas pendidikan kabupaten dan kota memeriksa NPSN yang ada di PDSP.

author